Tips Saat Pemupukan Kelapa Sawit

Agar kelapa sawit berkualitas, tanaman ini harus dirawat sepenuh hati. Berbagai cara bisa dilakukan mulai dari pemilihan bibit yang unggul hingga pemupukan kelapa sawit. Teknik merawat maupun memupuk harus sesuai dengan aturannya. Jika terlalu sedikit memberikan pupuk, takkan memberikan hasil yang signifikan. Sebaliknya jika diberi terlalu banyak, akan memberikan dampak yang kurang baik. Berikut ini adalah sedikit panduan memberikan pupuk pada tanaman kelapa di perkebunan Anda.

1. Beli yang Berkualitas

kelapa sawit

kelapa sawit

Pemupukan kelapa sawit akan berkualitas jika Anda pintar dalam memilih pupuk yang terbaik. Di toko pupuk, ada berbagai jenis pupuk yang bisa dipilih. Mulai dari yang harganya murah hingga mahal. Pupuk yang murah tak selalu murahan. Pastikan saja pupuk tersebut mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan oleh kelapa sawit.

2. Takaran yang Pas

Dosis atau ukuran pemberian pupuk diberikan sesuai dengan umur tanaman kelapa. Sebagai contoh untuk tanaman yang berusia hingga 3 tahun sebaiknya diberi pupuk urea sesuai umurnya yaitu 0,4 kg tiap tanaman. Sedangkan untuk yang sudah berumur 3 tahun atau lebih bisa diberikan lebih banyak yaitu bisa 2 kg untuk tiap-tiap tanamannya. Jika berganti pupuk, takarannya pun akan sedikit berbeda.

3. Cara Memupuk yang Benar

Pemupukan seharusnya dilakukan dengan dosis yang tepat dan cara yang benar. Sebelum diberi pupuk, Anda harus membersihkan kelapa sawit dari tanaman pengganggu seperti alang-alang dan kotoran atau hama yang berpotensi mengganggu tanaman ini. Taburkan pada bagian atas kelapa sawit atau mahkotanya. Salah memupuk bisa berakibat fatal. Salah-salah, yang subur adalah tanaman pengganggu di sekitar kelapa sawit. Adapun cara lain untuk memupuk ialah dengan menaburkannya pada tanah atau area tempat menanam tanaman ini. Perlu diingat, lakukanlah pemupukan sesuai kondisi dan kebutuhan tanaman Anda.

Itulah beberapa cara dan tips memupuk yang benar. Pemberian pupuk pada tanaman terdengar sepele, padahal inilah salah satu kunci memperoleh kelapa berkualitas tinggi. Pemupukan kelapa sawit ini harus dilakukan rutin agar Anda bisa melihat hasilnya secara signifikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda.

Updated: May 9, 2017 — 1:43 pm
HospiceOnline.org © 2017 Frontier Theme