Trading saham yang haram

Trading saham yang haram – Informasi yang anda cari perihal trading saham yang haram, di bawah ini kami telah memberikan artikel yang berkaitan tentang trading saham yang haram sebagai salah satu rujukan. Blog hospiceonline adalah blog yang menyediakan informasi mengenai perihal keuangan, bisnis, forex, pajak, review produk, trending viral dan informasi yang bermanfaat lainnya. pada halaman ini telah menyediakan artikel yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicari, serta pada halaman ini terdapat juga beberapa iklan yang kami sediakan untuk mendukung informasi yang anda cari.

Dari sejumlah informasi yang beredar di internet perihal tentang trading saham yang haram, maka penulis merangkum dari berbagai sumber yang valid, mengenai trading saham yang haram.

Sebagai trader pada umumnya atau trader yang memiliki kepercayaan muslim, tentunya harus memilah mana trading saham yang haram dan mana trading saham yang di perbolehkan untuk kalangan muslim, sebelumnya trader muslim harus mengetahui terlebih dahulu jenis jenis saham

  1. Saham Biasa (Common Stock)

Inilah sebetulnya jenis saham yang banyak diperdagangkan pada lantai bursa efek Indonesia. Pemilik saham ini tidak memiliki hak istimewa atas perusahaan. apabila terjadi likuidasi, posisinya akan menjadi pemilik saham yang terakhir dalam hal pembagian dividen, Selain itu, apabila perusahaan tidak mendapatkan laba dari usahanya maka si pemilik saham biasa ini juga tidak akan mendapat pembagian dividen.

  1. Saham Istimewa

Ini sering kali dikenal sebagai saham preferen atau saham istimewa. dikatakan demikian karena ini merupakan gabungan antara obligasi dan saham. Selain itu, keistimewaan dari pemegang saham ini adalah dimana selain mendapatkan hak seperti di saham biasa, termasuk dividen, si pemegang saham preferen ini juga akan memperoleh haknya sebagaimana hak kreditur.

Sumber yang bisa dipercaya untuk mencari informasi trading saham yang haram, Dalil Al-Qur’an maupun hadis yang disebutkan di bawah adalah juga dalil yang dijadikan landasan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) no: 40/DSN-MUI/X/2003, tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal.

Berikut ini beberapa transaksi trading saham yang haram dilakukan:

  1. Trading dengan sistem Margin (Bai’ al-Hamisy)

Jenis transaksi saham ini dilakukan dengan meminjam sejumlah dana pada perusahaan sekuritas dengan nominal ketentuan bunga sekian persen di tetapkan di awal dan dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk transaksi trading saham pada poin pertama ini termasuk haram karena mengandung unsur riba dimana sekuritas mengambil bunga dari dana transaksi yang digunakan oleh investor.

  1. Short selling (Bai’ al-Ma’dum)

Jika dalam terminologi bahasa Indonesia ini dikenal dengan istilah ‘jual kosong’, yaitu sitem transaksi saham dengan cara menjual saham yang belum dimiliki pada harga dan membelinya kembali pada saat harga turun. Sedang dana yang dipakai atau saham yang dipinjam pada sekuritas dalam bentuk margin atau sebuah pinjaman.

  1. Transaksi Indeks Saham

Transaksi model Ini jelas sekali haramnya karena yang ditransaksikan sama sekali bukan dari sahamnya langsung, tapi hanya nilai dari indeks sahamnya yang mana ini sama sekali tidak mewakili kepemilikan dari seseorang pada suatu perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *